Tuesday, September 24, 2019

analisis materi PAI


ANALISIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, SEKOLAH MENENGAH ATAS, KELAS I

Makalah Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah
“Pendidikan Agama Islam”






Dosen Pengampu           : Ulin Nuha, M.Pd.I
Disusun Oleh                 :
Semester                         : III


SEKOLAH  TINGGI  ILMU  TARBIYAH BUSTANUL‘ULUM
( STIT BU )
LAMPUNG  TENGAH
TAHUN AKADEMIK, 2014/ 2015

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan adalah suatu proses pembinaan tingkah laku manusia yang
mana anak harus bisa belajar berpikir, berperasaan, dan bertindak lebih sempurna dan baik dari pada yang sebelumnya, dalam  mencapai tujuan tersebut, maka
pendidikan harus diarahkan kepada keseluruhan aspek pribadi dan meliputi aspek jasmani, mental kerohanian maupun aspek moral.
Pendidikan diindonesia telah terjadi pergeseran paradigma dalam pembelajaran kearah paradigma konstruktivisme. Menurut pandangan ini bahwa pengetahuan tidak begitu saja bisa ditransfer oleh guru kepikiran siswa, tetapi pengetahuan tersebut dikontruksi didalam dipikiran siswa itu sendiri. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa tetapi yang lebih diharapkan adalah bahwa pembelajaran terpusat pada siswa, kondisi ini menekankan bahwa guru lebih banyak berfungsi sebagai fasilitor pembelajaran, siswa harus aktif berinteraksi dengan sumber belajar, dan lingkungan belajar, lingkungan yang dimaksud adalah guru itu sendiri.
Pendidikan agama islam sebagai salah satu dari sekian banyak rumpun mata pelajaran yang diajarkan mempunyai peranan penting dalam pembentukan watak dan pembinaan bangsa, pendidikan agama islam dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran islam
                                                                                                           

                                                            BAB II                                                           
PEMBAHASAN
A.    Gambaran Umum Materi Buku Teks Pendididkan Agama Islam (SMA) Kelas I.
Buku teks pendidikan agama islam  Kelas I, mempelajari enam  bab yang dipelajari dalam satu semester. Pada bab pertama mempelajari tentang Ayat dan hadist tentang mujahadah an-Nafs, Husnuzan, dan Ukhuwah, pada bab kedua tentang Ayat dan hadits tentang menghormati orang tua dan guru serta menuntut ilmu, pada bab ketiga tentang memahami Asmaul Husna, pada bab keempat tentang perilaku dengan sifat-sifat terpuji, pada bab kelima tentang sumber hukum islam dan bab keenam tentang dakwah nabi muhammad saw dimekah.
Adapun untuk Kompetensi inti (KI)  yang digunakan dalam materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu:
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian darisolusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi, secara efektif, dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis ilmu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan  prosedural pada bidang kajian yang spefisik sesuai yang sesuai dengan bakat dan minatnya dengan memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.  
B.     Narasi Analisa materi Pendiddikan Agama Islam kelas I ( K-13 )
Secara keseluruhan materi Pendididkan Agama Islam terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri yang diajarkan pada kelas I, sudah sesuai untuk diajarkan pada kelas I dan sudah masuk dalam kriteria pembelajaran, akan tetapi menurut analisa penulis ada beberapa bab yang perlu diperbaiki terutama dari teknis pembuatan soal dan lain-lain guna memenuhi tujuan yang ingin dicapai dalam materi tersebut. Seperti pada bab pertama materi tentang Ayat dan Hadits tentang mujahadah an-nafs, Husnudzon, dan Ukhuwah. Penulis melihat ada beberapa hal yang kurang tepat dalam materi tersebut, dalam buku teks Pendidikan Agama Islam ini  siswa diminta untuk mengamati gambar kemudian disuruh untuk memberikan komentar tentang gambar tersebut, menurut penilis pada gambar kedua kurang tepat dengan materi yang dibahas, karena gambar tersebut kurang bermakna, dari pada gambar-gambar yang lain
Dari pertanyaan tersebut siswa akan merasa kebingungan karena kurang cocok dengan tema yang dibahas dalam teks pendidikan agama islam.
Selanjutnya pada bab II sampai bab VI menurut penulis materi tersebut sudah cocok untuk diajarkan oleh siswa kelas I SMA. Dan buku teks Pendidikan Agama Islam yang penulis analisa ini  dari segi gambarnya semuanya non-colour. Menurut penulis sebaiknya gambar pada buku teks Pendidikan Agama Islam  ini terdapat corak atau warna agar siswa dapat tertarik dan senang untuk mempelajarinya. Kemudian dari segi gender, dan multikultural sudah sesuai. Dan dalam buku ini terdapat banyak dalil dari al-Quran dan al-hadits.
C.    Tabel Analisa Buku Teks Pendidikan Agama Islam Kelas I SMA
Tabel analisa buku teks Pendidikan Agama Islam kelas I SMA ini mencakup tentang : kelas / semester, bab, materi, langkah pembelajaran, analisis konten, analisis gambar, analisis dalil, analisis gender, dan analisis multikultural. Dan untuk lebih lengkapnya dapat dilihat dalam lampiran yang akan penulis lampirkan.





BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Analisis materi buku teks Pendidikan Agama Islam kelas I SMA dari segi gender, dan multikultural sudah lolos uji analisa ( sesuai ), akan tetapi menurut penilis pada gambar kedua kurang tepat dengan materi yang dibahas, karena gambar tersebut kurang bermakna, dari pada gambar-gambar yang lain.
 buku teks Pendidikan Agama Islam yang penulis analisa ini  dari segi gambarnya semuanya non-colour. Menurut penulis sebaiknya gambar pada buku teks Pendidikan Agama Islam  ini terdapat corak atau warna agar siswa dapat tertarik dan senang untuk mempelajarinya. Kemudian dari segi gender, dan multikultural sudah sesuai. Dan dalam buku ini terdapat banyak dalil dari al-Quran dan al-hadits.


DAFTAR PUSTAKA
Abdurrohim dkk, Pengembangan, Pendidikan, Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA  Kelas I, Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2014





No comments:

Post a Comment

TUGAS KEWIRAUSAHAAN