ANALISIS
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, SEKOLAH MENENGAH ATAS, KELAS I
Makalah Ini
Disusun Guna Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah
“Pendidikan
Agama Islam”
Dosen Pengampu : Ulin Nuha, M.Pd.I
Disusun Oleh :
Semester : III
SEKOLAH TINGGI
ILMU TARBIYAH BUSTANUL‘ULUM
( STIT BU )
LAMPUNG TENGAH
TAHUN
AKADEMIK, 2014/ 2015
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah suatu proses
pembinaan tingkah laku manusia yang
mana anak harus bisa belajar berpikir, berperasaan, dan
bertindak lebih sempurna dan baik dari pada yang sebelumnya, dalam mencapai tujuan tersebut, maka
pendidikan harus diarahkan kepada keseluruhan aspek pribadi
dan meliputi aspek jasmani, mental kerohanian maupun aspek moral.
Pendidikan diindonesia telah terjadi
pergeseran paradigma dalam pembelajaran kearah paradigma konstruktivisme.
Menurut pandangan ini bahwa pengetahuan tidak begitu saja bisa ditransfer oleh
guru kepikiran siswa, tetapi pengetahuan tersebut dikontruksi didalam dipikiran
siswa itu sendiri. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa tetapi
yang lebih diharapkan adalah bahwa pembelajaran terpusat pada siswa, kondisi
ini menekankan bahwa guru lebih banyak berfungsi sebagai fasilitor
pembelajaran, siswa harus aktif berinteraksi dengan sumber belajar, dan
lingkungan belajar, lingkungan yang dimaksud adalah guru itu sendiri.
Pendidikan agama islam sebagai salah
satu dari sekian banyak rumpun mata pelajaran yang diajarkan mempunyai peranan
penting dalam pembentukan watak dan pembinaan bangsa, pendidikan agama islam
dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik meyakini, memahami, dan mengamalkan
ajaran islam
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Gambaran Umum
Materi Buku Teks Pendididkan Agama Islam (SMA) Kelas I.
Buku teks pendidikan agama islam Kelas I, mempelajari enam bab yang dipelajari dalam satu semester. Pada
bab pertama mempelajari tentang Ayat dan hadist tentang mujahadah an-Nafs,
Husnuzan, dan Ukhuwah, pada bab kedua tentang Ayat dan hadits tentang
menghormati orang tua dan guru serta menuntut ilmu, pada bab ketiga tentang memahami
Asmaul Husna, pada bab keempat tentang perilaku dengan sifat-sifat terpuji,
pada bab kelima tentang sumber hukum islam dan bab keenam tentang dakwah nabi
muhammad saw dimekah.
Adapun untuk Kompetensi inti (KI) yang digunakan dalam materi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yaitu:
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (kerja sama,
toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif, dan menunjukan sikap sebagai
bagian darisolusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi, secara
efektif, dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis ilmu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spefisik
sesuai yang sesuai dengan bakat dan minatnya dengan memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Narasi Analisa
materi Pendiddikan Agama Islam kelas I ( K-13 )
Secara keseluruhan materi Pendididkan Agama Islam terbitan
PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri yang diajarkan pada kelas I, sudah sesuai
untuk diajarkan pada kelas I dan sudah masuk dalam kriteria pembelajaran, akan
tetapi menurut analisa penulis ada beberapa bab yang perlu diperbaiki terutama
dari teknis pembuatan soal dan lain-lain guna memenuhi tujuan yang ingin
dicapai dalam materi tersebut. Seperti pada bab pertama materi tentang Ayat dan
Hadits tentang mujahadah an-nafs, Husnudzon, dan Ukhuwah. Penulis melihat ada
beberapa hal yang kurang tepat dalam materi tersebut, dalam buku teks
Pendidikan Agama Islam ini siswa diminta
untuk mengamati gambar kemudian disuruh untuk memberikan komentar tentang
gambar tersebut, menurut penilis pada gambar kedua kurang tepat dengan materi
yang dibahas, karena gambar tersebut kurang bermakna, dari pada gambar-gambar
yang lain
Dari pertanyaan tersebut siswa akan
merasa kebingungan karena kurang cocok dengan tema yang dibahas dalam teks
pendidikan agama islam.
Selanjutnya pada bab II sampai bab
VI menurut penulis materi tersebut sudah cocok untuk diajarkan oleh siswa kelas
I SMA. Dan buku teks Pendidikan Agama Islam yang penulis analisa ini dari segi gambarnya semuanya non-colour.
Menurut penulis sebaiknya gambar pada buku teks Pendidikan Agama Islam ini terdapat corak atau warna agar siswa
dapat tertarik dan senang untuk mempelajarinya. Kemudian dari segi gender, dan
multikultural sudah sesuai. Dan dalam buku ini terdapat banyak dalil dari
al-Quran dan al-hadits.
C.
Tabel Analisa Buku Teks Pendidikan Agama Islam Kelas I SMA
Tabel analisa buku teks Pendidikan
Agama Islam kelas I SMA ini mencakup tentang : kelas / semester, bab, materi,
langkah pembelajaran, analisis konten, analisis gambar, analisis dalil,
analisis gender, dan analisis multikultural. Dan untuk lebih lengkapnya dapat
dilihat dalam lampiran yang akan penulis lampirkan.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Analisis materi buku teks Pendidikan
Agama Islam kelas I SMA dari segi gender, dan multikultural sudah lolos uji
analisa ( sesuai ), akan tetapi menurut penilis pada
gambar kedua kurang tepat dengan materi yang dibahas, karena gambar tersebut
kurang bermakna, dari pada gambar-gambar yang lain.
buku teks Pendidikan Agama Islam yang penulis
analisa ini dari segi gambarnya semuanya
non-colour. Menurut penulis sebaiknya gambar pada buku teks Pendidikan Agama
Islam ini terdapat corak atau warna agar
siswa dapat tertarik dan senang untuk mempelajarinya. Kemudian dari segi
gender, dan multikultural sudah sesuai. Dan dalam buku ini terdapat banyak
dalil dari al-Quran dan al-hadits.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrohim dkk,
Pengembangan, Pendidikan, Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas I, Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2014

No comments:
Post a Comment